10 Rekomendasi Aplikasi Aksara Jawa Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Aksara Jawa Terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Aksara Jawa Terbaik – Tahukah anda, bahwasanya di indonesia ini hampir semua bahasa punya aksara. Sayangnya, makin ke sini, makin banyak yang tidak mengenalinya. Karena mungkin, sudah tidak lagi diajarkan di sekolah sekolah, dan tidak banyak yang mempelajarinya.

Bahkan yang sangat disayangkan, banyak yang belum tahu kalau ternyata, bahasa daerahnya saja mempunyai aksara. Nah, salah satu aksara yang terkenal adalah aksara jawa. Di antara banyaknya tulisan aksara, mengapa aksara jawa yang terkenal?

Karena sejauh ini, aksara jawa masih lumayan mudah untuk didapat. Terlebih lagi ketika anda berkunjung ke Jogja, Solo, dan beberapa daerah lainnya. Di mana, aksara tersebut dituliskan di plang plang, salah satunya adalah plang nama jalan, dan juga gedung.

So, ketika berkunjung ke Jogja, Solo, atau daerah yang menggunakan aksara jawa, mungkin anda membutuhkan aplikasi aksara jawa ya.

Siapa tahu nantinya anda kesasar, dan bingung sedang berada di daerah mana. Karena tulisan nama jalannya ditulis menggunakan aksara jawa. Maka dengan menggunakan aplikasi model ini, anda dapat mengetahui dimana lokasi anda saat itu. 

Aplikasi aksara jawa terbaik

Oh ya, aplikasi aplikasi yang kami rekomendasikan ini adalah aplikasi yang bisa digunakan di android saja ya. Dan mungkin, ada beberapa aplikasi yang sudah tidak lagi bisa ditemukan di google play store. Paling tidak, beberapa aplikasi ini adalah aplikasi terbaik yang pernah ada.

Mengapa aplikasinya sudah tidak bisa ditemukan lagi? Salah satu penyebabnya adalah sudah tidak diurus oleh pengembangnya. Sehingga membuat pihak google play store terpaksa harus menghapus aplikasi tersebut. 

Marbel Hanacaraka

Marbel Hanacaraka adalah rekomendasi aplikasi aksara jawa terbaik nomor satu yang kami rekomendasikan. Dan aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat ramah untuk anak anak, dan terbilang santai. Ia merupakan aplikasi besutan educa studio.

Nah yang paling menariknya, saat pertama kali membukanya, maka anda akan mendengar suara yang dibunyikan oleh seorang narator. Yang mana, suara tersebut merupakan sambutan kepada para penggunanya.

Dan untuk menambah kesan menariknya, juga tersedia musik iringan loh selama anda menggunakan aplikasi tersebut. Di dalamnya anda dapat menemukan beberapa fitur yang menarik. Kayak fitur belajar misalnya.  Aplikasi dikonsep dengan sangat matang. Sehingga membuat para penggunanya merasa tidak bosan. 

Nulis Aksara Jawa

Rekomendasi yang kedua adalah aplikasi nulis aksara jawa. Sesuai dengan namanya. Nah, aplikasi nulis aksara jawa ini adalah aplikasi yang akan mendorong semua para penggunanya buat sering sering berlatih menulis aksara jawa. Karena kunci dalam belajar aksara, sama seperti kunci sukses ketika belajar bahasa.

Yakni praktek. Ketika mengakses aplikasi, maka anda akan mendapati tampilan awal yang meminta para penggunanya buat ngetik kata atau kalimat dalam huruf latin. Kemudian, aplikasinya yang bakalan memperlihatkan padanannya dalam aksara jawa.

Ia merupakan aplikasi besutan uzan ya. Di dalam aplikasi, semua penggunanya dapat belajar tentang ketentuan dalam penulisan. Teori penulisannya disampaikan secara jelas, padat, dan ringkas. Menarik banget kan?

hana.rip – Teks ke aksara Jawa

hana rip aplikasi aksara jawa android adalah aplikasi yang juga membantu anda dalam belajar aksara jawa. Yakni, akan membantu anda ketika akan mengubah teks dalam bahasa indonesia menjadi ke tulisan aksara jawa.

Dan yang menariknya, hasilnya bisa disalin loh, kemudian menempelkannya ke aplikasi lain dengan sangat mudah. Di dalam aplikasi sudah tersedia berbagai hal menarik dan bermanfaat yang bisa diakses.

Maka dari itu, jika anda adalah salah satu orang yang sedang belajar bahasa jawa, kami rekomendasikan untuk mencoba menggunakannya sekarang juga. 

Aksara Jawa – Qreatif

Ada yang masih bingung mau menggunakan aplikasi aksara jawa yang mana? Tenang, tampaknya aksara jawa – qreatif aplikasi satu ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Di mana, dengan bantuan aksara jawa qreatif, anda bisa belajar dengan sangat menyenangkan, jadi nggak bakalan cepat bosan deh.

Pihak aplikasi menawarkan model pembelajaran yang sangat dibutuhkan anak anak jaman sekarang. Yakni sebuah konsep belajar sambil bermain. Yang mana, anda bakalan diminta untuk memecahkan beberapa kendi, sesuai aksara jawa yang terlihat di bagian papan permainan.

Dan menariknya, pihak developer menyediakan tiga stage, dengan level yang berbeda beda. Semakin tinggi levelmya, maka semakin sulit juga permainannya.  Kapan lagi kan, bisa belajar sambil bermain? So, yuk segera download, dan dapat keseruan belajar dengan aplikasi satu ini. 

Nulis Aksara

Rekomendasi yang selanjutnya adalah Nulis Aksara. Kita tidak dapat memungkiri, kalau yang namanya menulis aksara jawa memang membutuhkan perjuangan. Termasuk ketika akan belajar menulis ya.

Tapi tenang saja, karena kini anda bisa kok belajar menulis aksara jawa dengan mudah, karena dibantu dengan aplikasi nulis aksara. Yang mana, anda bakalan diminta untuk menulis satu kalimat. Kalau sudah, maka pihak aplikasi bakalan langsung memberikan hasilnya, yaitu padanannya dalam aksara jawa.

Dan anda akan terus mahir ketika sering sering berlatih dengan bantuan aplikasi nulis aksara ini. Tapi yang terpenting, jangan lupa untuk belajar strukturnya dahulu, atau dasar penulisan aksara jawa. Biar lebih mudah ke depannya. Dan di dalamnya juga tersedia beberapa fitur yang menarik ya.

Kamus Bahasa Jawa Lengkap

Untuk aplikasi lain yang juga kami rekomendasikan adalah aplikasi Kamus bahasa jawa lengkap. Sebuah aplikasi yang sudah sangat jelas berhubungan dengan aksara jawa. Yes, yang namanya kamus, pasti akan ngebantu banget saat anda akan belajar bahasa kan?

Termasuk bahasa jawa pastinya. Nah dengan kamus bahasa jawa lengkap, anda juga bisa dengan mudahnya mendapatkan kosa kata bahasa jawa dengan mudah banget.

Nulis Jawa – Diono Software

Adapun rekomendasi yang berikutnya ialah aplikasi nulis jawa – diono software. Nah, aplikasi ini juga siap banget membantu anda dalam belajar aksara jawa. Aplikasinya siap membantu anda dalam menerjemahkan tulisan indonesia ke dalam aksara jawa. Aplikasinya dapat digunakan dengan sangat mudah dan cepat.

Apalagi dengan tampilan yang sederhana.  Proses perubahan tulisannya juga cepet deh. So, yakin nih nggak tertarik buat menggunakan aplikasi nulis jawa yang dikembangkan oleh diono software?

Menulis Aksara Jawa – Smooth Home Production

Menulis aksara jawa adalah sebuah aplikasi aksara jawa terbaik yang dikemubangkan oleh pihak smooth home production. Nah, ia baru saja rilis di tahun 2022 ya. Masih baru banget kan? Tapi yang mencengangkannya adalah, meski baru rilis tahun ini, aplikasinya sudah berhasil mendapatkan lebih dari seribu pengguna loh.

Menarik baneget kan? Dan nggak kalah bagusnya deh dengan aplikasi aplikasi sejenisnya yang lain. Itu artinya, menulis aksara jawa masih sangat recomended buat digunakan.

Dengan bantuannya, anda bisa banget menerjemahkan huruf yang bertuliskan tulisan indonesia ke dalam aksara jawa, hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Gimana gimana, keren banget kan? Kapan lagi coba bisa menerjemahkan tulisan indonesia ke aksara jawa cuma dalam hitungan detik, kalau bukan dengan aplikasi kece yang satu ini. 

Sinau Bahasa Jawa

Sinau Bahasa Jawa, yang kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa indonesia, maka artinya adalah belajar bahasa jawa. So, namanya sudah melambangkan fungsinya. Untuk yang pengen belajar bahasa jawa, bisa banget nih menggunakan aplikasi satu ini.

Di bagian halaman depannya, anda akan disuguhkan dengan tombol navigasi. Yang pertama ialah tombol buat pergi ke materi, dan yang kedua ketika anda mau main tebak tebakan. Ketika memilih yang navigasi belajar, maka anda bisa mendapati 12 materi yang menarik di dalamnya.

Salah satunya yakni untuk belajar menulis aksara.  Dan kalau mau main permainan juga bisa banget kok. Dimana, tersedia beberapa level permainan yang bisa anda lakukan untuk seru seruan sekaligus belajar. Gimana sangat menyenangkan sekali bukan?

Aksara Jawa : Contekan Aksara Jawa

Rekomendasi yang terakhir adalah aplikasi Aksara Jawa – contekan aksara jawa. Aplikasi ini juga tidak kalah berkualitasnya kok dengan aplikasi aplikasi yang sudah kami ulas di atas.

Karena ia sangat pas dan cocok digunakan oleh anda yang mau belajar banyak tentang aksara jawa. Di dalamnya, sudah ada banyak sekali materi tentang aksara jawa, dan anda bisa belajar dari sana. Menarik sekali bukan? 

Nah bagaimana, di antara 10 aplikasi aksara jawa terbaik di atas, mana nih yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda? Pasti ada kan? Kalau ada, yuk langsung download saja aplikasinya, dan mulai belajar sekarang juga. Semoga bermanfaat dan semoga membantu ya. 

 

Check Also

Download Aplikasi Nonton Piala Dunia 2022

Ada banyak sekali Aplikasi Nonton Piala Dunia Gratis di HP yang bisa kalian gunakan dengan mudah Link …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *